MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU

Authors

  • Wildan Wildan Jurusan Pendidikan IPS UIN Mataram

DOI:

https://doi.org/10.20414/society.v8i1.1496

Keywords:

Perangkat Pembelajaran

Abstract

Peningkatan kompetensi guru melalui berbagai kegiatan seperti pelatihan, workshop, seminar dan pendampingan harus berdampak kepada kualitas kinerja baik secara administrative (mengembangkan perangkat) maupun dalam menyelenggarakan proses pembelajaran pada mata pelajaran yang diampu.
Profesi merupakan sebuah janji untuk mengabdikan diri kepada sebuah jabatan dalam arti biasa (tugas/pekerjaan) karena dorongan dan panggilan hati nurani.Di dalamnya mengandung tidak adanya keterpaksaan, tetapi adanya ketulusan untuk melakukan pengabdian dengan sepenuh hati. Guru memiliki tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan siswa untuk merancang proses pendidikan dan pembelajaran berdasarkan acuan yang jelas. Sebuah pedoman yang memuat berbagai pengalaman siswa sebagai acuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran ini lazim disebut kurikulum.Guru wajib menyusun dan mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran, bukan wajib memiliki

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-04-30

How to Cite

Wildan, W. (2017). MODEL PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BAGI GURU. SOCIETY, 8(1), 41–63. https://doi.org/10.20414/society.v8i1.1496

Issue

Section

Articles